Laman

Rabu, 23 Juni 2010

Nama : IMAM KURNIAWAN
NIM : 224307035

“ ANALISIS OPERASIONAL PEMANDUAN KAPAL TERHADAT JUMLAH KUNJUNGAN KAPAL DI PELABUHAN PADA PT.PELINDO II CABANG TANJUNG PRIOK TAHUN 2008 - 2009 “.
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah
Dalam suatu negara maritim seperti halnya dengan negara indonesia,pelabuhan memegang peranan yang cukup penting dengan salah satu fungsi sebagai “Gateway”, tau pintu gerbang pelabuhan yaitu pintu masuk atau keluarnya barang dari suatu negara atau daerah dimana 80% dari total barang tersebut di angkut melalui moda laut,yang memasuki pelabuhan tujuan.Orientasi kegiatan pelabuhan yang paling dominan adalah untuk pelayanan kapal dan barang, dimana pelayanan untuk kapal yang di berikan pihah pengelola pelabuhan adalah pelayanan pemanduan.
PT. (Persero) pelabuhan indonesia II cabang Tanjung Priok memiliki beberapa unit kerja perencanaan dan pengendalian operasi /PPSA (Pusat Pelayanan Satu Atap), Pelayanan pelanggan, Usaha Terminal, Properti, Teknik, Sumber Daya Manusia dan Umum, Keuangan, dan Unit Kerja Kepemanduan.Sebagaimana unit kerja lainnya di lingkungan PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II cabang Tanjung Priok, maka unit kerja kepanduan dipimpin seorang Manager yang kedudukannya berada di bawah General Manager, di samping berfungsi di bidang pengusahaan jasa, unit kepanduan berfungsi juga di bidang pemerintahan. Selama ini kedudukan unit kerja kepanduan di PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok di bina melalui :
1. Bidang Pemerintahan, ( pihak pengelola pelabuhan) melaksanakan dan mengawasi keselamatan dan kelancaran lalu lintasgarakan kapal,memelihara tertib hukum perkapalan dan pelayan pada daerah perairan daerah wajib pandu serta secara teknis bertanggung jawab kepada Syahbandar.
2. Bidang pengusahaan jasa, pihak pelabuhan melaksanakan usaha-usaha bidang pelayanan pemanduan sesuai dengan kebijaksanaan yang telah ditentukan, serta srcara administratif bertanggung jawab kepada General Manager
Pekerjaan memandu kapal ternyata termasuk pekerjaan yang tidak saja memerlukan sumber daya manusia berketrampilan khusus untuk melaksanakannya, tetapi juga dituntut tanggung jawab prestasi kerja, kerja sama, prakarsa, kejujuran, ketaatan dan prilaku kondisi fisik yang prima dalam pelaksanaanya. Masalah kelancaran,keamanan, keselamatan dari kapalyang dipandu adalah hal yang utama dalam pelaksanaan operasional pemanduan kapal karena akibat yang dapat ditimbulkan dari suatu kelalaian ataskegiatan pemanduan kapaldapat berpengaruh pada kelancaran lalu lintas kapal dalam pelabuhan, juga terhadap jumlah kunjungan kapa, bahkan juga terhadap perairan dan lingkungannya.
Semakin cepatnya perkembangan kegiatan pada PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok, maka perlu mengoptimalkan mutu pelayanan pemanduan kapal terutama dalam rangka mengantisipasi jumlah kunjungan kapal yang setiap tahun semakin meningkat jumlahnya.
Operasional pemanduan kapal merupakan ujung tombak dari PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok, yang merupakan kegiata awal sampai akhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan pelayanan jasa kepanduan. Dalam meningkatkan operasional pemanduan kapal di pelabuhan maka pendukung faktor sumber daya manusia perlu mendapatkan perhatian dalam pembinaanya, sehingga peranan dalam kegiatan pelayanan pemanduan dipelabuhan akan mendapatkan hasil yang maksimalterhadap jumlah kunjungan kapal.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis menbuat skripsi yang berjudul “ ANALISIS OPERASIONAL PEMANDUAN KAPAL TERHADAT JUMLAH KUNJUNGAN KAPAL DI PELABUHAN PADA PT.PELINDO II CABANG TANJUNG PRIOK TAHUN 2008 - 2009 “.
B. Rumusan Masalah

1. Identifikasi Masalah
Seperti telah diuraikan di atas mengenai salah satu sarana pendukung dalam transportasi laut beserta fasilitas penunjang dalam kegiatan pemanduan, maka penulis dapat mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
a. Terbatasnya jumlah personil pandu yang dimiliki oleh PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok.
b. Lamanya operasional pemanduan kapal untuk bertambat di dermaga.
c. Kegiatan operasiona pemanduan kapal sering terlambat.
d. Pemanfaatan fasilitas dan peralatan pendukung operasional pemanduan kapal kurang optimal
2. Batasan Masalah
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menbatasi pembahasan mengenai operasional pemanduan kapal dan jumlah kunjungan kapal yang masuk di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cab. Tanjung Priok pada tahun 2008 - 2009.

3. Pokok Masalah
Berdasarkan latar masalah, identifikasi masalah dan batasan masalah, maka pokok permasalahan yang tardapat dalam penyusunan skripsi ini,antara lain :
a. Bagaimana jumlah uperasional pemanduan kapal di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok Tahun 2008 - 2009 ?
b. Bagaimanakan perkembangan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok Tahun 2008 -2009 ?
c. Adakah pengaruh operasional pemanduan kapal terhadap jumlah kunjungan kapal di pelabuhan pada PT> Pelindo II Cabang Tanjung Priok Tahun 2008 -2009 ?
C. Tujuan Penelitian
Di dalam penyusunan skripsi ini ada beberapa tujuanyang hendak penulis capai,yaitu :
a. Untuk mengetahui jumlah operasionalpemanduan kapal di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok Tahun 2008 -2009.
b. Untuk mengetahui perkembangan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok.
c. Untuk mengetahui adakah pengaruh operasional pemananduan kapal terhadap jumlah kunjungan kapal di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok Tahun 2008 -2009.

D. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian yang tersusun dalam skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat, baik bagi penulis, perusahaan, civitas akademika STMT Trisakti, serta para pembaca dan pihak-pihak lain yang menbutuhkannya :
a. Bagi penulis
Adalah untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai pelabuhan secara keseluruhan dan untuk menambah wawasan pengetahuan tentang aplikasi ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan penerapan yang sebenarnya pada PT. Pelendi II Cabang Tanjung Priok dan penelitian ini merupakan salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program studi manajemen, konsentrasi manajemen transportasi laut jenjang pendidikan S1 di STMT TRISAKTI.
b. Bagi Perusahaan
Manfaat penelitian bagi perusahaan adalah dapat di jadikan sebagai input atau bahan masukan di dalam menganalisa dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terhadap masalah yang berkaitan dengan operasional pemanduan kapal dengan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok, sehingga Perusahaan dapat meningkatkan kesiapan sarana kepanduan dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan.
c. Adalah dapat di jadikan referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang manajemen dan sumbangan umum untuk di jadikan tambahan perbendaharaan keputusan bagi STMT Trisakti.


E. Hipotesis
Diduga ada pengaruh antara operasional pemanduankapal terhadap jumlah kunjungan kapal di pelabuhan pada PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok


F. Metodologi Penelitian

1. Jenis dan Sumber Data
Didalam Penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode daskriptif analisis yaitu pembahasan dalam skipsi dengan menberikan uraian-uraian. Ada 2 ( dua ) jenis data yaitu jenis data kualitatif ( yang tertulis ) dan data kuantitatif ( angka ).
Jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif ( angka ) berupa data laporan mengenai jumlah operasional pemanduan kapal dan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan Tanjung Priok. Sumber data merupakan data sekunder mengenai laporan jumlah operasional pemanduan kapal dan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan tersebut.
2. Populasi dan Sampel
a. Populasi data merupakan sebagian data secara keseluruhan dari data laporan jumlahoperasional pemanduan kapal dan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan.
b. Sampel data merupakan data sebagian dari populasi yang dapat mewalkili laporan jumlah operasional pemanduan kapal dan jumlah kunjungan kapal di pelabuhan.
3. Metode Pengumpulan Data
a. Riset Lapangan ( Field Research )
Yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan mengadakan observasi dan pengamatan langsung terhadap objek studi yang menjadi pokok permasalahan untuk memperoleh data-data yang diperlukan, antara lain diperoleh melalui :
1). Interview, yaitu mengadakan wawancara langsung dan mengajukan pertanyaan kepada karyawan PT. Pelindo II Cabang Tanjung Priok.
2). Pengamatan ( Observation ), yaitu melakukan peninjauan langsung ke objek penelitian sehingga data yang penulis kumpulkan benar-benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian berlangsung.
b. Riset Kepustakaan ( Library Research )
Yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk memperole data-data yang bersumber dari buku-buku diktat dan lain-lain, serta materi perkuliahan di STMT Trisakti dengan di dalamnya penulis mendapatkan teori-teori untuk memudahkan penulisan dan penyusunan skripsi.

4. Metode Analisis Data
a. Analisis Regresi Linier
Menggunakan rumus (M. Iqbal Hasan, 2002 : 250 )
Y = 2+bX
a= ( ∑Y ) – b (∑X)
N
-b=


Dimana :
X = Variabel Bebas = Operasional pemanduan kapal
Y = Variabel Terikat = Jumlah kunjungan kapal di pelabuhan
a = Bilangan tetap
b = Koefisien Regresi
n = Jumlah pasang observasi/pengukuran, dalam hal ini responden penilai dan tahun penelitian
b. KoefisienKorelasiperson
Menggunakan rumus ( M. Iqbal Hasan, 2002 : 235 )

r =


Batasan : r = -1 ≤ r ≤ 1
Artinya :
- Jika r = 0 atau mendekati 0, maka hubungan antara kedua variabel sangat lemah atau tidak terdapat hubungan sama sekali.
- Jika r = +1 atau mendekati 1, maka hubungan antara kedua variabel dikatakan positif dan sangat kuat sekali.
- Jika r = -1 atau mendekati -1, maka hubungan kedua variabel tersebut dikatakan negatif dan sangat kuat sekali.
c. Koefisien Penentu ( coeffisient of determination )
variabel X terhadap naik turunnya variabel Y. Menggunakan rumus ( M. Iqbal hasan,2002 : 248 )

Kp = r2 x 100%
Dimana :
Kp = Koefisien Penentu
R = Koefisien Korelasi X dan Y
d. Uji Hipotesis
Hipotesis adalah hasil sementara suatu penelitian yang perlu diuji kebenarannya.
Taraf nyata = 0,05 dan df = n-2
Dalah skripsi ini uji hipotesis yang penulis lakukan dengan uji satu arah ( one tail), dan rumus untuk mencari thitung :



Ketengan :
t hitung = Hasil perhitungan;
r hitung = Koefisien korelasi X dan Y;
n hitung = Jumlah sampel
Perumusan hipotesis menggunakan (rho) yaitu nilai koefisien korelasi sebenarnya, dimana :
Ho : = 0, artinya tidah ada hubungan antara Operasional pemanduan kapal (Variabel X) dengan jumlah kunjungan kapal (Variabel Y) → (hubungan tidak signifikan)
Ha : > 0, artinya ada hubungan antara Operasional pemanduan kapal (Variabel X) dengan jumlah kunjungan kapal (Variabel Y) → (hubungan signifikan)
Pembuktian signifikan :
Jika t hitung < t tabel, maka Ho ditrima, dan Ha = ditolak artinya hubunga X dan Y tidak signifikan, dan
Jika t hitung > t tebal, maka Ho ditolak, dan Ha = diterima artinya hubungan X dan Y signifikan.

Agar lebih jelas menginterprestasikan tingkat hubungan tersebut, maka dapat berpedoman pada ketentuan sebagai mana tertuang pada tabel 1.1


Interval Korelasi Tingkat Hubungan
0.000 – 0.199 Sangat Rendah
0.200 – 0.399 Rendah
0.400 - 0.599 Sedang
0.600 – 0.799 Kuat
0.800 – 1.000 Sangat Kuat

G. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penulis dalam penyampaian materi maka sitematika penulisan skipsi ini dibagi menjadi lima bab yang masing-masing bab yang secara garis besar terdiri dari bab-bab sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan
Dalam bab pendahuluan ini menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II : Landasan Teori
Dalam bab ini membahas tentang pengertian manajemen dan manajemen oprasional, pengertian organisasi, pengertian kapal , pengertian kepanduan, pengertian kepelabuhan dan kepelabuhana.

BAB III : Tinjauan umum PT. Pelindo II
Dalam bab ini akan mebahas gambaran mengenai PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia II cabang Tanjung Priuk, mulai dari sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi dan manajemen, serta kegiatan usaha PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia II cabang Tanjung Priuk.

BAB IV : Analisis dan Pembahasan
Dalam bab ini akan dibahas mengenai permasalahan yang ada di perusaan seperti masalah yang berkaitan dengan oprasional pemanduan kapal terhadap jumlah kunjungan kapal di pelabuahan.

BAB V : Penutup
Pada bab ini merupakan bab terakhir, alam bab ini dikemukakan kesimpulan dari penelitian serta sumbangan pemikiran yang didapat dari hasil penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar