BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam perkembangan suatu perusahaan, sumber daya manusia (SDM) merupakan aset yang paling berharga, karena sumber daya manusia merupakan sarana untuk menjalankan seluruh kegiatan kerja perusahaan. Disamping modal yang besar serta fasilitas yang canggih dan lengkap harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang bermutu untuk menjamin kelancaran aktivitas perusahaan.
Sehubungan dengan itulah maka perusahaan pelayaran dituntut untuk meningkatkan suatu pengoperasian kapal yang didukung oleh sistem manajemen pengawasan yang baik, yang dilakukan tidak hanya oleh pihak perusahaan pelayaran tetapi juga oleh pihak kapal karena proses pengoperasian kapal tersebut berpengaruh terhadap kelaiklautan kapal yang meliputi; keselamatan kapal, pengawakan kapal, manajemen keselamatan, pengoperasian kapal, pencegahan pencemaran pemuatan, serta status hukum.
Dari itulah maka hal yang menyangkut keselamatan pelayaran harus berjalan dengan baik dan penggunaan alat keselamatan kapal dipergunakan sesuai dengan peraturan dan petunjuk yang ada serta koordinasi yang baik antara pihak kapal dan pihak kantor untuk dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, dan penyimpangan-penyimpangan dari prosedur yang ada.
Namun masih banyak sumber daya manusia atau pelaut baik yang baru maupun yang lama, mendapat pemutusan hubungan kerja, dikeluarkan oleh perusahaan dikarenakan kurang mampu beradaptasi dengan pekerjaan dan hal ini pada akhirnya dapat memberi dampak buruk terhadap perkembangan perusahaan.
Inilah yang menjadi dasar utama penulis memilih judul;
“ OPTIMALISASI PELATIHAN ISM CODE GUNA MENINGKATKAN KUALITAS AWAK KAPAL PT. SAMUDERA INDONESIA SHIP MANAGEMENT “.
B. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN
1. Tujuan penelitian
Penelitian yang dilakukan ini memiliki beberapa tujuan, yaitu;
a. Meningkatkan pengetahuan awak kapal akan pentingnya pelatihan ISM Code.
b. Untuk terciptanya manajemen keselamatan kerja awak kapal dan pengendalian pencemaran laut.
c. Penulis ingin membandingkan antara kualitas para pelaut yang telah diberikan pelatihan dan yang belum diberikan pelatihan sehingga dapat mengetahui peran pelaksanaan pelatihan di Departemen Pelatihan PT. Samudera Indonesia Ship Management Jakarta.
d. Sebagai bahan masukan bagi pihak perusahaan dalam upaya melatih para pelautnya didepartemen pelatihan di PT. Samudera Indonesia Ship Management. Dalam hal ini bermanfaat bagi perusahaan untuk dapat merancang dan merumuskan kebijakan-kebijakan berupa pelaksanaan pelatihan baik yang bersifat tetap maupun berkala.
e. Awak kapal PT. Samudera Indonesia Ship Management sebagai bahan masukan bagi pihak perusahaan serta awak kapal terhadap pentingnya pemahaman dan pelatihan ISM Code supaya proses pengoperasian kapal dapat berjalan dengan baik dan keselamatan awak kapal dapat terjamin dengan baik.
f. Dalam hal ini agar perusahaan dapat mengerti bahwasannya sertifikat yang bersifat lokal, dapat bisa digantikan menjadi sertifikat yang bisa digunakan untuk internasional
2. Kegunaan penelitian
Sebagai bahan masukan untuk perusahaan yang dapat bermanfaat guna merumuskan kebijakan - kebijakan berupa pelaksanaan pelatihan baik yang bersifat tetap maupun berkala.
Awak kapal PT. Samudera Indonesia Ship Management sebagai bahan masukan bagi pihak perusahaan serta awak kapal terhadap pentingnya pemahaman dan pelatihan ISM Code. Supaya proses pengoperasian kapal dapat berjalan dengan baik dan keselamatan awak kapal dapat terjamin dengan baik.
Masalah kepedulian dan keselamatan yang masih kurang dapat dilakukan dengan mengadakan pengontrolan atau pengawasan yang tepat terutama dari perusahaan yang dimaksudkan disini adalah dengan peningkatan koordinasi yang baik antara pihak kantor dari darat dan pihak kru kapal.
C. PERUMUSAN MASALAH
Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengangkat tentang permasalahan yang berkaitan dengan optimalisasi pelatihan ISM Code oleh para awak kapal PT. Samudera Indonesia Ship Management, sehingga dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
1. Apakah sudah optimal pelatihan ISM Code kepada awak kapal PT. Samudera Indonesia Ship Management.
2. Sudah optimalkah pengajar dan fasilitas yang ada di PT. Samudera Indonesia Ship Management.
D. BATASAN MASALAH
Masalah yang penulis angkat sangat dominan karena faktor di dalam sub latar belakang diatas kita akan dapatkan permasalahan yang mungkin dapat diangkat dan dibahas sangat luas, sehingga penulis mencoba untuk membatasi masalah pelaut yang bekerja dikapal milik PT. Samudera Indonesia Group.
1. Apakah sudah optimal pelatihan ISM Code kepada awak kapal PT. Samudera Indonesia Ship Management.
E. SISTEMATIKA PENULISAN
Dalam penulisan ini, penulis membagi atas lima bab dan bagian-bagian yang satu sama lain bab saling berkaitan, adapun perincian dari tiap bab tersebut adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini yang merupakan bab pendahuluan akan berisi tentang gambaran mengenai latar belakang, tujuan dan kegunaan penelitian, perumusan masalah, pembatasan masalah serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis membahas tentang landasan teori yang digunakan, dan meliputi :
1. Tinjauan pustaka, yang memuat tentang uraian mengenai ilmu yang terdapat dalam pustaka dan ilmu penegetahuan pendukung lainnya serta menjelaskan teori-teori yang relevan dengan masalah-masalah yang diteliti.
2. Kerangka pemikiran yang memuat asumsi-asumsi yang timbul atau terbentuk setelah adanya dalili, hukum dan teori yang relevan.
BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini menjelaskan tentang waktu dan tempat penelitian, teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis selama melakukan penelitian dilokasi yang disertai dengan populasi, sample dan teknik analisis dalam mengolah suatu data.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi mengenai hasil dari penelitian dan pembahasan yang terdiri atas deskripsi data, alternatif pemecahan masalah dan evaluasi pemecahan masalah.
BAB V PENUTUP
Pada bab terakhir penulis membuat usaha untuk menarik kesimpulan dan memberikan saran-saran dari hasil penelitian yang diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca skripsi ini.
Senin, 05 Juli 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar