Laman

Selasa, 06 Juli 2010

Pak Osman ni tugas mandiri seminar RAHAYU TRI UTAMI 224307063

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang

 

Perkembangan dan peningkatan jasa pelayanan perusahaan pelayaran dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan kualitas pelayanan harga promosi di antara sekian banyak perusahan pelayaran. Di dalam kondisi persaingan yang ketat tersebut, hal utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan pelayaran adalah kualitas pelayanan jasa dari "PORT AGENT" yang berdampak pada kelancaran operasional kapal sehingga dapat bersaing dan bertahan dengan port agent lainnya.

Dengan kondisi tersebut beberapa perusahaan yang mempunyai keterkaitan dengan impor saling berkompetisi mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan usahanya. Semakin ketatnya persaingan antar perusahaan pelayaran maupun yang cendrumg menawarkan produk yang sama atau sejenisnya, sementara jumlah perusahaan terbatas yang tentunya menambah kapasitas persaingan semakin tinggi.

Olehnya seiring pergerakan era globalisasi akan Asean Free Trade Area (AFTA) 2003, bangsa kita dituntut untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan kemampuan untuk bersaing dalam perdagangan luar negeri (Internasional) maupun dalam negeri (Nasional/ domestik). Demikian juga halnya perusahaan yang terkait dalam bidang ini seperti perusahaan pelayaran. Freight Forwarding, Eksportir, Importir, harus dapat bekerja sama dalam membentuk suatu sistem yang integral dalam menghadapi para pesaing dengan melihat semakin pesatnya perkembangan tekhnologi serta informasi yang demikian cepat dalam kegiatan pengiriman barang maka memperbesar kemungkinan untuk pendatang-pendatang baru ikut serta dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan pengangkutan melalui alat tersebut dengan kualitas jasa "PORT AGENT" yang merupakan bagian dari moda transportasi lauti itu sendiri. Kualitas jasa port agent dapat dinilai dari tingkat kelancaran operasional kapal-kapal di pelabuhan yang diageninya. Kualitas mempunyai keterkaitan yang erat hubungannya dengan kelancaran operasional pengguna jasa untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk memilih judul "PENGARUH KUALITAS JASA PORT AGENT TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL KAPAL DIPELABUHAN OLEH PT.SAMUDERA INDONESIA 2010"

 

 

B.   Perumusan Masalah

 

1.     Identifikasi Masalah.

a.     Masih terdapat beberapa keluhan pelanggan mengenai kualitas jasa "Port Agent"

b.     Kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas dalam pelayanan pelanggan

c.      Kurangnya kualitas jasa dalam kegiatan port agent sangat mempengaruhi disetiap aktivitas.

 

2.     Batasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah penulis membatasi permasalahan untuk penyusunan skripsi ini pada pelaksanaan kegiatan operasional kapal-kapal di pelabuhan yang diageni oleh PT. SAMUDERA INDONESIA.

 

3.     Rumusan Masalah

a.       Bagaimana kualitas jasa yang diberikan port agent kepada pemilik kapal ?

b.      Bagaimana keputusan pemilik kapal terhadap kualitas jasa port agent yang berdampak pada kelancaran operasional kapal di pelabuhan yang di ageni oleh PT. SAMUDERA INDONESIA ?

c.       Bagaimana hubungan anatara kualitas jasa port agent terhadap kelancaran operasional kapal di pelabuhan yang di ageni oleh PT. SAMUDERA INDONESIA ?

 

C.   Tujuan Dan Manfaat Penelitian

1.     Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut :

a.       Untuk mengetahui kualitas jasa yang diberikan port agent kepada pemilik kapal

b.      Untuk mengetahui kelancaran operasional kapal-kapal di pelabuhan yang di ageni oleh PT. SAMUDERA INDONESI

c.       Untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa port agent terhadap kelancaran operasional kapal-kapal di pelabuhan yang diageni oleh PT. SAMUDERA INDONESIA.

 

2.     Manfaat Penelitian

a.       Manfaat penulisan bagi penulis adalah :

Dapat meningkatkan pemahaman dalam keterkaitan antara penerapan teori yang telah didapat selama masa perkuliahan dengan praktek kerja lapangan.

b.      Manfaat bagi perusahaan adalah :

Diharapkan melalui penelitian ini dapat mamberikan masukan kepada perusahaan dan mungkin dapat dipergunakan sebagai referensi untuk perbaikan manajemen bagi perusahaan dimasa akan datang.

c.       Manfaat bagi STMT Trisakti adalah :

Dapat menjadikan bahan referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang manajemen dan sumbangan umum untuk di jadikan tambahan perbendaharaan kepustakaan bagi sekolah tinggi manajemen transportasi Trisakti.

 

 

 

 

 

 

D.   Metodologi Penelitian

1.     Populasi dan Sampel

a.       Populasi

Populasi merupakan jumlah obyek secara keselurahan atau generalisasi dari obyek atau subyek yang memiliki kuantitas dan karekteristik tertentu yang ditetapkan oleh si peneliti untuk dipelajari dan diambil kesimpulnnya (sugiono 2006;90). Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah seratus crew kapal PT. SAMUDERA INONESIA.

b.      Sampel

Sampel adalah bagian dari populasi atau bagian dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Adapun sampel yang diambil adalah sebanyak tiga puluh crew. Cara pengambilan sampel menggunakan metode acak sederhana, yaitu penarikan sampel dimana pemilihan elemen-elemen populasinya dilakukan sedemikian rupa sehingga setiap elemen mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih.

 

2.     Metode Pengumpulan Data

Dalam mengumpulkan data untuk penelitian ini jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder yang bersifat kualitatif maupun data kuantitatif.

"Data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan lagsung di lapangan oleh orang yang melakukan penelitian atau yang bersangkutan dan yang memerlukannya" (Iqbal Hasan 2004; 19)

Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada. Data ini biasanya diperoleh dari perpustakaan atau dari laporan-laporan penelitian terdahulu. (Iqbal Hasan 2004; 19).

 

 

 

 

 

Untuk mendapatkan data tersebut, penulis melakukan tekhnik-tekhnik sebagai berikut :

a.       Penelitian lapangan (field research)

"Penelitian lapangan (field research) adalah penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden "(Iqbal Hasan 2004; 5).

Untuk memperoleh data secara langsung dari responden yang dipilih, pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara-cara :

1.      Pengamatan (observasi)

2.      Wawancara (interview)

3.      Penggunaan kuesioner

b.      Penelitian Kepustakaan (library research)

Penelitian kepustakan (library research) adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan) baik yang berupa buku, catatan, maupun hasil penelitian dari peneliti terdahulu.

 

 

3.     Metode Analisis Data

Metode analisis data adalah alat yang digunakan untuk menganalisis dan membahas perumusan masalah yang akan diteliti. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tekhnik statistik yaitu :

a.       Analisis Regresi Linear Sederhana

Analisis ini dipergunakan untuk melihat bagaimana variabel independent (x) mempengaruhi variabel dependent (y). Pada analisis ini kualitas jasa port agent merupakan variabel independent (x) dan kelancaran operasional kapal merupakan variabel dependent (y), untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan penulis mempergunakan perhitungan regresi. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut :

Y=a+bx

Keterangan :

Y : variabel terikat (variabel yang diduga)

X : variabel bebas

 

a : intersep

b : angka arah atau koefisien regresi

b.      Koefisien Regresi ( slop )

Untuk melihat bentuk korelasi antar variabel dengan persamaan regresi tersebut maka nilai a dan b harus ditentukan terlebih dahulu.

     b = nƩxy (Ʃy)(Ʃy)

            Ʃײ-(Ʃ×)

    a = Ʃy-bƩx

                 n

(Iqbal Hasan 2004; 61)

c.       Analisis Koefisien Korelasi Pearson

Analisi ini digunakan untuk mengetahui kuat tidaknya hubungan antara variabel independent (x) dengan variabel dependent (y) untuk menghitung koefisien korelasi mempergunakan rumus sebagai berikut :

r =               nƩxyx.Ʃy

                 n.Ʃx²-(Ʃx)².√nƩy²-(Ʃy)²

       Keterangan :

          r : koefisien korelasi pearson

          x : variabel bebas

          y : variabel terikat

          n : jumlah palang observasi

       

           (Iqbal Hasan 2004; 6)

          Dengan demikian, apabila r = koefisien korelasi, maka nilai r dinyatakan sebagai berikut :

1)      Jika r = mendekati +1, maka hubungan antara variabel x dan variabel y positif dan sangat kuat

2)      Jika r = mendekati -1, maka hubungan antara variabel x dan variabel y negative dan sangat kuat

 

 

 

3)      Jika r = mendekati 0, maka tidak ada hubungan variabel x dan variabel y. Untuk dapat memberikan penafsiran terhadap koefisien korelasi yang ditemukan tersebut, maka dapat berpedoman pada ketentuan yang tertera pada table 1.1

 

Tabel 1.1

Pedoman untuk memberikan interprestasi koefisien korelasi

Interval Koefisien

Tingkat Hubungan

0,00 – 0,199

Sangat Rendah

0,199 – 0,395

Rendah

0,395 – 0,799

Kuat

0,799 – 1,000

Sangat Kuat

Sumber : Sugiyono ; Statika untuk penelitian 2005 ;216

 

Tabel 1.2

Bobot atau skor jawaban

Jawaban

Skor

Sangat Baik/Sangat setuju

4-5

Baik/Setuju

3-4

Cukup Baik/Ragu-ragu

2-3

Kurang baik/Tidak setuju

1-2

Tidak baik/sangat tidak setuju

0-1

Sumber : Nasution : Metode Research : 2003 ; 63

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d.      Analisis koefisien penentu (KP)

Koefisien penetu (KP) dipergunakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel independent (x) terhadap variabel dependent (y). Adapun rumus yang dipergunakan penulis adalah :

   Kp : r² x 100%

   Keterangan :

   Kp : Koefisien penentu

   r    : Koefisien Korelasi

   (Iqbal Hasan 2004; 63)

e.       Uji Hipotesis

f.       Dari koefisien korelasi yang terdapat diatas untuk mengetahui apakah pada korelasi ada hubungan antara kualitas jasa port agent terhadap kelancaran operasional kapal di pelabuhan yang di ageninya atau tidak terdapat hubungan, perlu diadakan uji signifikasi dari r (koefisien korelasi) dengan menggunakan hipotesa.

1)      H₀ =P < 0 artinya tidak ada hubungan antara variabel x dan variabel y

H¡= P> 0 artinya ada hubungan positif antara variabel x dan variabel y signifikan

2)      Tentukan t hitung

                                 rn-2

T hitung =               1-r²

3)      Bandingkan t hitung dengan t table ( X ; df=n-2)

4)      Kesimpulan

Jika t hitung < t tabel = Hditerima sedangkan H¡ ditolak maka hubungan X dan Y tidak signifikan

Jika t hitung > t tabel = Hditolak sedangkan H¡ diterima maka hubungan X dan Y signifikan.

 

 

E.   Hipotesis

"Pengertian hipotesis adalah dugaan yang bersifat sementara sehingga masih memerlukan pembuktian karena hipotesis merupakan dugaan maka hipotesis harus dinyatakan dalam bentuk " Pernyataan " dan sinkron dengan rumusan masalah."

Sutrisno Hadi (2002 ; 63), maka dari hasil penelitian ini diduga " ada pengaruh yang signifikan antara kualitas jasa port agent " terhadap kelancaran operasional kapal di pelabuhan yang diageninya.

 

F.     Sistematika Penulisan

skripsi ini disajikan dalam 5 (lima) bab dengan sistematika sebagai berikut :

 

BAB I             PENDAHULUAN

Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan.

 

BAB II            LANDASAN TEORI

Pada bab ini membahas tentang teori-teori yang berkaitan dengan judul skripsi, seperti pengertian-pengertian manajemen operasioanal, pengertian kepelabuhanan, kualitas jasa, pengertian jasa, pengertian port agent, teori hubungan variabel terikat dimensi dan indicator.

            BAB III          GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

Pada bab ini menguraikan secara singkat sejarah PT. SAMUDERA INDONESIA (perusahaan pelayaran), struktur organisasi dan manajemen perusahaan serta kegiatan perusahaan.        

BAB IV          ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini atribut dan faktor dari kualitas jasa pelayanan yang menjadi variabel penelitian di analisis dan dibahas.

            BAB V            PENUTUP

Pada bab ini dimuat kesimpulan da saran yan menunjukkan persyaratan singkat yang diambil dari pembahasan dan penelitian serta sumbangan pemikiran yang didapat dari hasil penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar